Responsive image

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis : TANAMKAN SEMANGAT SPORTIFITAS DALAM LOMBA O2SN INI

Jum`at, 17 Maret 2017 admin Olah Raga Cetak

Humas – Kominfo , 14 Maret 2017

Dalam konteks pembangunan bangsa, olahraga menjadi sarana pembentukan suatu komunitas bangsa dan negara yang terdiri dari pribadi-pribadi yang sehat, ulet, sportif dan memiliki semangat juang pantang menyerah. Melalui olahraga seorang anak bangsa dapat menjadi duta bangsa, hal ini menjadi tanggung jawab setiap warga negara, tidak hanya terbatas pada upaya yang maksimal untuk mencapai prestasi tinggi, tetapi membentuk watak kepribadian manusia.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis pada saat membuka Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) sekolah dasar dan sekolah menengah pertama tingkat Kabupaten Pasaman, bertempat di Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuksikaping, Selasa (14/3) sore kemarin.

Dalam pembukaan tersebut turut hadir Ketua DPRD Pasaman, Forkopinda, staf ahli bupati, asisten, kepala OPD, Camat, Kepala UPTD se Pasaman, walinagari, kepala SD dan SMP, TP PKK, GOW, Ketua Koni, pelatih, official, atlit kontingen O2SN dan undangan lainnya.

Kata Bupati, dalam Undang undang No 3 tahun 2005 tentang, sistem keolahragaan nasional Bab V Pasal 13 ayat 2 dinyatakan "Pemerintah daerah mempunyai kewenangan untuk mengatur membina dan mengembangkan dan melaksanakan dan mengawasi penyelenggaraan keolahragaan di daerah.

Menurutnya, dalam rangka pembinaan dan pengembangan olahraga di daerah dilaksanakan dengan upaya menegakkan panji-panji olahraga terutama dikalangan pelajar mahasiswa dan masyarakat.

Tujuan dilaksanakan O2SN ini kata Bupati, untuk memfasilitasi dan memotifasi para siswa yang mempunyai bakat di cabang olahraga, sehingga para siswa dapat meningkatkan keahlian dan kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang dimiliki.

"Kegiatan ini juga sekaligus dalam upaya pembentukan sikap, mentalsportifitas, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesama siswa yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan," ujar Bupati Yusuf Lubis.

Disamping itu, lewat O2SN ini anak-anak atlet yang berlaga sebagai duta olahraga kecamatannya masing-masing, belajar untuk memikul tanggung jawab dengan menjunjung tinggi sportifitas untuk meraih kemenangan.

"Kemenangan yang akan dicapai tidak dilakukan dengan menghalalkan segala cara. Karena itu semangat sportifitas harus mewarnai arena pertandingan dan irama permainan," kata Bupati.

Ditambahkan Bupati, pertandingan akan menjadi berkualitas apabila hakikat yang tertanam didalamnya dihayati dan diwujudkan. Sportifitas seorang atlet juga tercermin melalui sikap mengakui keunggulan, kelebihan dan kekuatan lawan.

Yusuf Lubis menegaskan, khusus bagi pembina dan pelatih cabang olahraga, O2SN ini merupakan ajang/perlombaan terbaik bagi siswa SD dan SLTP se Kabupaten Pasaman, diharapkan dapat menjadi pemandu bakat atau pemantauan terhadap bibit-bibit olahraga berbakat.

"Selamat bertanding, mari kita tanamkan semangat sportifitas yang tinggi dan Fair Play serta semangat pantang menyerah dalam pertandingan atau perlombaan," tandasnya.

Ketua Pelaksana O2SN Kabupaten Pasaman, Ricky Riswandi, menyebutkan, tujuan digelarnya O2SN ini dalam rangka  meningkatkan pembinaan 10 cabang olahraga.

Selanjutnya, menjaring atau menyeleksi atlet-atlet berbakat untuk selanjutnya dipersiapkan pada pertandingan O2SN SD dan SMP tingkat Sumbar. Serta meningkatkan skill dan keahlian mereka sesuai dengan badang yang dimiliki.

Sementara, jumlah atlet dalam O2SN tahun ini sebanyak 480 orang, dan official sebanyak 264 orang.

Kata Ricky, pertandingan O2SN ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 14 hingga 16 Maret 2017 nanti. Sedangkan tempat pelaksanaan kegiatan dipusatkan  di Gelora Tuanku Imam Bonjol Lubuksikaping dan tempat lainnya.( Karno – Humas ).