Responsive image

Pemkab Pasaman Berlakukan Semua Instansi Miliki e-Mail.

Jum`at, 5 Oktober 2012 admin Pemerintahan Cetak

PASAMAN---Guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta meningkatkan efektivitas kinerja berbasis teknologi, Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mulai memberlakukan pemakaian e-Mail (Surat elektronik) bagi seluruh SKPD, Camat dan instansi lainnya.
“Saat ini kita mulai memberlakukan e-Mail bagi seluruh Satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Camat dan instansi lainnya di lingkungan Pemerintah daerah Pasaman. Itu penting, guna meningkatkan kinerja aparatur dan pelayanan bagi masyarakat,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman, Syamsurizal, di Lubuksikaping, Jumat (5/10).
Pemakaian e-Mail bagi seluruh perangkat kerja di lingkup Pemkab Pasaman sebagai tindak lanjut hasil rapat koordinasi beberapa waktu lalu yang dipimpin langsung oleh Bupati dan Wabup Pasaman.
“Ini sebagai implementasi dari hasil rapat koordinasi pada 5 September lalu, dipimpin oleh Bupati dan Wabup,” kata dia.
Ia menjelaskan, bahwa keputusan tersebut mengharuskan seluruh stake holder di lingkungan Pemkab Pasaman mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Sekda, staf ahli, asisten , dinas, badan, kantor, camat serta perusahaan daerah mesti memiliki alamat e-mail.
“Selain memiliki e-mail, masing-masing instansi dan badan tersebut diharuskan menyertakan nomor handphone untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi sekaligus membantu proses administrasi,” ujar dia.
Ia juga mengatakan, penetapan alamat e-mail dan nomor handphone tersebut merupakan langkah awal dalam mewujudkan transparansi publik oleh suatu pemerintahan, sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 14/2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).
“Ini juga sebagai wujud transparansy publik oleh pemerintah kabupaten Pasaman, sesuai dengan amanat Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik,” ucap dia.
Dia menegaskan, bahwa e-mail dan nomor handphone tersebut sudah disampaikan paling lambat pada 8 Oktober 2012 ke Bagian Humas Sektretariat Daerah Kabupaten Pasaman.
“Itu sudah harus masuk ke bagian Humas Setdakab Pasaman paling lambat pada 8 Oktober nanti,  jadi semua instansi harus secepatnya melaporkan alamat e-mail dan nomor handphone mereka,” kata dia. (Wahyu)