ASNIL M.SE MM BUKA SOSIALISASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT

ASNIL M.SE MM BUKA SOSIALISASI  LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT

Pasaman, Humas, Peningkatan pelayanan publik mutlak diperlukan agar anggapan buruk masyarakat kepada pemerintah dapat diperbaiki, kualitas pelayanan publik yang semakin baik, dapat meningkatkan Kepuasan masyarakat. Untuk mencapai kepuasan masyarakat  diperlukan kualitas pelayanan yg sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik maka dibutuhkan sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhannya. Salah satu caranya adalah dengan menyampaikannya melalui Kanal LAPOR-SP4N secara elektronik.

Demikian disampaikan oleh Bupati Pasaman diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Asnil M. dalam pembukaan sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (LAPOR SP4N), di Aula Lantai III Kantor Bupati Pasaman, Selasa (21/11).

“Sosialisasi yang kita laksanakan saat ini adalah bertujuan untuk memberikan pemahaman sekaligus dapat disimulasikan bagaimana mengelola pengaduan atau keluhan yang disampaikan oleh masyarakat sebagai penerima layanan”, ujar  Asisten III menambahkan.

Dra. Enceria Damanik. Ph.D, Kepala Bagian Organisasi Setda Pasaman selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, out put dari sosialisasi ini memberikan pemahaman kepada peserta tentang bagaimana menindaklanjuti pengaduan pelayanan publik secara elektronik.

Dia menambahkan, peserta kegiatan ini berjumlah 45 orang terdiri dari 4 orang petugas admin dan 41 orang pejabat penghubung pada SOPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman dengan Narasumber ibu Emida Suparti Kabid Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Republik Indonesia.

Emida Suparti dalam paparannya menjabarkan, ada enam hal yang perlu kita pahami, kenapa pentingnya pengelolaan pengaduan public yaitu, 1) Muara dari Reformasi Birokrasi adalah Reformasi Pelayanan Publik, 2) Sebagai sarana perbaikan Pelayanan Publik, 3)Peningkatan kepercayaan masyarakat, 4)Sebagai dasar pengambilan keputusan / kebijakan, 5)Legitimasi politik dari masyarakat cenderung meningkat , 6)Terbangunnya sistem pelayanan publik yang transparan, partisipatif, dan akuntabel. (Harnel Libra/Humas)

 

Bagikan ke Jejaring Sosial