BUPATI PASAMAN MEMBUKA PELATIHAN SDM KOMUNIKASI DAN INFORMATIOKA

BUPATI PASAMAN MEMBUKA PELATIHAN SDM KOMUNIKASI DAN INFORMATIOKA Bupati Pasaman di Wakili Sekretaris Daerah HM. Saleh membuka Pelatihan SDM Komunikasi dan Informatika.

Pasaman, Kominfo --- Bupati Pasaman yang di wakili olkeh Sekretaris Daerah H.M. Saleh dalam kata sambutannya mengatakan, “Pada hari ini kita dapat hadir untuk mengikuti pendidikan dan latihan teknologi informasi dan komunikasi untuk guru dan staf tata usaha se-kabupaten pasaman, insya allah semoga kita tetap diberikan kesehatan dan limpahan karunia untuk mengikuti secara bersama-sama penyelengaraan pelatihan ini sampai dengan selesai.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman, tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman Anasrullah. SH. MH, para Kabid dalam Dinas Kominfo serta para peserta pelatihan dari berbagai sekolah Dasar se-Kabupaten Pasaman.

Selanjutnya Bupati Pasaman mengatakan,”Teknologi informasi adalah suatu cara bagi pengguna media untuk mengkomunikasikan hal yang ingin mereka sampaikan kepada orang lain.

Teknologi informasi dan komunikasi dapat dimanfaatkan pada berbagai bidang kehidupan antara lain dalam bidang pendidikan. di era globalisasi ini teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan primer terutama dalam mendukung efektifitas dan kualitas pendidikan, dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, suatu proses dan kegiatan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah dan efisien.

Oleh karena itu penguasaan terhadap perangkat teknologi komunikasi perlu diajarkan pada semua tingkatan.

Bahkan Bupati Pasaman juga mengatakan, “Tik merupakan sarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik dalam meningkatkan kualitas, produktifitas, efektifitas dan akses pendidikan. tik telah dijadikan katalis untuk mendongkrak mutu pendidikan, terutama apabila dikaitkan dengan konsep life skill.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tik memegang peranan yang sangat penting dan banyak memiliki manfaat dalam dunia pendidikan terutama oleh tenaga pendidik, diantaranya, sambil memaparkan:

Pertama; Tik sebagai gudang ilmu pengetahuan, baik ilmu pengetahuan inti dalam pelajaran sekolah maupun materi pengaya pembelajaran dalam hal ini fungsi internet sangat berperan.

Kedua; Tik sebagai alat bantu pembelajaran melalui infrastuktur seperti multi media dan media pembelajaran hasil olahan komputer, e-learning dll.

Ketiga; Tik sebagai fasilitas pendidikan seperti laboratorium komputer, bahasa dll.

Keempat; Tik sebagai standar kompetensi yaitu mata pelajaran yang kompeten dan menambah keahlian peserta didik.

Kelima; Tik sebagai penunjang administrasi pendidikan. misal pembuatan laporan sekolah dan raport siswa, pengolahan nilai siswa, pembuatan database siswa, pembuatan jadwal pelajaran dll.

Keenam; Tik sebagai alat bantu managemen sekolah,

Ketujuh; Tik sebagai infrastuktur pendidikan misalnya ruang kelas virtual, kelas multimedia, dan koneksi internet.

Mengingat begitu banyaknya manfaat teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan sebagaimana yang telah disebutkan kata Bupati Pasaman, maka pemerintah telah mengeluarkan uu nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen dimana telah diputuskan bahwa setiap guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, untuk penyelengaraan dan pengembangan pendidikan.

Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum menguasai apalagi memanfaatkan tik secara utuh dalam proses belajar dan mengajar, atas dasar hal tersebut pemerintah Kabupaten Pasaman melalui dinas komunikasi dan informatika bidang teknologi informasi ikut serta berperan meningkatkan sumber daya manusia khususnya bagi guru dan staf tata usaha sekolah dasar di kabupaten pasaman, melalui pelatihan sumber daya manusia bidang komunikasi dan informasi ini.

Misi dari pelatihan tik ini adalah untuk menyiapkan guru dan staf tata usaha yang peduli dan cakap dalam memanfaatkan tik untuk dunia pendidikan demi menyukseskan tiga pilar pembangunan pendidikan nasional khususnya di kabupaten pasaman.

Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirrohim, pada hari ini tanggal 20 november 2017, dengan ini secara resmi kami buka pelatihan sumber daya manusia dalam bidang komunikasi dan informasi untuk guru dan staf tata usaha sekolah dasar se-kabupaten Pasaman. Sebutnya

Di akhir sambutan Bupati Pasaman menyampaikan pada seluruh peserta, “Kami berharap kepada peserta pelatihan agar kiranya dapat mengikuti kegiatan ini secara serius dan sunguh-sungguh dari awal sampai akhir sehingga benar-benar bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Pasaman. sebutnya

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasaman Anasrullah. SH. MH selaku Ketua Pelaksana dalam laporamnnya mengatakan; “ Kegiatan ini diikuti oleh Guru dan Staf Tata Usaha Sekolah Dasar se-Kabupaten Pasaman dengan jumlah sebanyak 25 Orang. Dan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 20 s/d 25 November 2017 di Penginapan Equator Pasaman Lubuk Sikaping. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial