Bupati Yusuf Lubis Membuka Pelatihan Keterampilan Bagi Generasi Muda Pasaman

Bupati Yusuf Lubis Membuka Pelatihan Keterampilan Bagi Generasi Muda Pasaman

Pasaman, Kominfo --- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis saat menjelang pembukaan Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Mekanik Junior Sepeda Motor, Operator Basic Office, Operator Menjahit Pakaian Dasar dan processing tahun 2018, buat pertama sekali; “Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pelatihan di BLK Lubuk Sikaping.

Dari pantauan jurnalistik Diskominfo Pasaman tampak berhadir dalam acara itu, Kepala BLK Provinsi Sumatera Barat dari Padang, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Edison, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pasaman Asmadi. M.Si, Kepala Dinas Sosial Efka Emi, SH, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPOBD) Pasaman Maspet, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ricky Riswandi, Kepala Dinas Perhubungan Aswir Amir, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sukardi, Kabag Humas Pemda Pasaman, Camat Kecamatan Lubuk Sikaping, serta peserta pelatihan dan undangan lainnya, di Aula pelatihan BLK Lubuk Sikaping, (26/02/2018).

Selanjutnya Bupati Yusuf Lubis menyampaikan tujuan di selenggarakannya pelatihan itu adalah,”untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada generasi muda khususnya anak-anak yang belum memiliki keterampilan.

Selanjutnya Bupati Yusuf Lubis menyampaikan dimana persaingan tenaga kerja baik untuk mengisi pasar kerja dalam negeri maupun luar negeri semakin ketat.

Pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) yang kompetensi yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja.

Berdasarkan angka kerja di Kabupaten Pasaman saat ini berjumlah 112.123 jiwa terdiri dari yang bekerja sebanyak 106.453 jiwa dan yang mencari pekerjaan sebanyak 5.670 jiwa dan sebagian besar tidak punya keterampilan.

Pemberdayaan Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan salah satu solusi untuk mengisi untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Balai Latihan Kerja (BLK) merupakan salah satu instrument pengembangan Sumber Daya Manusia yang di harapkan dapat mentrasper pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif sehingga nantinya mampu melahirkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, kompeten dan memenuhi permintaan pasar.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis juga mengatakan saat itu, bagi pemerintah sendiri keberadaan kegiatan pelatihan kejuruan mekanik junior sepeda Motor, Operator Bassic office, Operator Menjahit Pakaian Dasar, dan processing ini merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi pengangguran. Paparnya

Oleh sebab itu jelas Bupati Yusuf Lubis, kehadiran peserta dalam pelatihan itu sangatlah memberi arti penting bagi angkatan kerja dan pelatihan ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan keterampilan pekerja di Kabupaten Pasaman.

Yusuf Lubis juga menyarankan, “Manfaatkanlah ilmu yang di terima dari kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, agar kompetensi pencari kerja dapat di isi.

Juga Bupati Yusuf Lubis mengatakan besarnya harapannya, pada pelatihan itu terjalin komunikasi yang baik antara para peserta dengan penyelenggara sehingga tugas-tugas yang kita emban dalam rangka mengurangi angka pengangguran di masa depan dapat mengisi kesempatan kerja dengan sebaik-baiknya.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis bersama dengan jajarannya di Pasaman lebih berharap kiranya para peserta begitu selesai pelatihan itu dapat membuka usaha sendiri, sehingga dapat pula kesempatan kerja bagi yang lainnya.

Untuk kesekian kalinya Bupati Yusuf Lubis menyarankan pada peserta pelatihan dengan penuh perhatian dan bahasa kasih sayangnya, “Ikutilah kegiatan ini dengan serius dan seraplah ilmu yang di sampaikan oleh instruktur, karena saya percaya masing-masing kita mempunyai potensi diri.

Dan terakhir sekali ia juga mengatakan selamat untuk mengikuti pelatihan seraya membuka acara dengan mambacakan Basmallah. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial