Diskominfo Pasaman Gencarkan Pembinaan KIM

Diskominfo Pasaman Gencarkan Pembinaan KIM

Pasaman, PASAMANKAB.GO.ID --- Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman melalui Bidang Hasril di bawah naungan Dinas Komunikasi dan Informatika yang di Pimpin Anasrullah.SH.MH menggencarkan pembinaan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kabupaten Pasaman agar lebih berdaya guna bagi masyarakat Pasaman untuk mencapai visi misi Pemerintah Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.

Seksi desminasi informasi dan pengelolaan informasi publik Hasril menyampaikan di depan warga KIM Padang Gelugur pada saat memberikan pembinaan terhadap KIM Kecamatan Padang Gelugur, “Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah; “Suatu lembaga layanan publik yang di bentuk dan di kelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Dalam kegiatan pembinaan itu tampak hadir, Wali Nagari Bahagia Padang Gelugur Amri Pasaribu bersama perangkat Wali Nagari, Kepala-kepala Jorong se-Bahagia Padang Galugua, Pengurus dan anggota KIM Kecamatan Padang Gelugur, serta undangan lainnya.

Selanjutnya Hasril menyampaikan, “Tugas dan Fungsi KIM adalah;

1. Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi”. Artinya Kata Hasril, “Masyarakat aktif mencari informasi, peduli pada segala bentuk informasi, peka terhadap informasi baru yang di perolehnya, serta secara bersama berupaya memahami informasi yang di terimanya.

2. Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilah informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.

3. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah, antara masyarakat dengan masyarakat, maupun dengan pihak lain.

4. Menghubungkan satu kelompok dengan kelompok lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan, dan persatuan.

Sedangkan fungsi dari KIM itu sendiri kata Hasril;

1. Sebagai wahana informasi

2. Sebagai mitra dialog dengan pemerintah

3. Dan juga sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi.

4. Sarana peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat.

Wali Nagari Bahagia Padang Galugua Amri Pasaribu mengatakan, “Sebagai Pemerintah Nagari sangat mengapresiasi dengan peran serta KIM dalam pembangunan di Nagari Se-Kabupaten Pasaman, secara khusus Nagari Bahagia Padang Galugua.

Ia menambahkan, peran serta KIM nantinya sangat di harapkan dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dan media informasi aktual dalam pembangunan nagari, sebutnya.

Afrizal salah seorang staf Diskominfo yang berhadir sebagai pemateri pembinaan KIM Kecamatan Se-Kabupaten Pasaman mengatakan, “Kekuatan ekonomi masyarakat tidak terlepas dari penguasaan informasi sehingga dapat berdaya saing dan berdaya tambah.

Sedangkan Nurhaqqi salah seorang tenaga teknis Diskominfo menuturkan, “Siapa yang menguasai informasi maka dialah yang menguasai dunia.”

Jadi sudah saatnya masyarakat dapat mengakses berbagai perkembangan teknologi sehingga bisa mewujudkan cita-cita pembangunan yang berdasarkan harapan visi misi Pemerintah Daerah yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya.

Kelompok Informasi Masyarakat yang aktif di Kabupaten Pasaman ada sebanyak 6 kelompok, dan pembinaan terhadap KIM Kecamatan Padang Gelugur merupakan pembinaan yang ke empat, sedangkan dua lainnya akan menyusul sesegera mungkin kata Hasril kembali.(Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial