Pemda Pasaman Selenggarakan Seminar Pembangunan

Pemda Pasaman Selenggarakan Seminar Pembangunan Bupati Pasaman Yusuf Lubis sedang menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara Seminar Pembangunan Kabupaten Pasaman. (Afz)

Pasaman, Kominfo --- Menjelang akhir tahun 2017 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman selenggarakan Seminar Pembanguanan Kabupaten Pasaman yang di motori oleh BAPPEDA Pasaman di bawah Pimpinan Drs. Mara Ondak.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si saat memberikan kata sambutan sebelum membuka acara Seminar Pembangunan Kabupaten Pasaman tahun 2017 menyampaikan; “Sesuai dengan visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman tahun 2016 – 2021 yang hendak di capai dalam tahapan ketiga pembangunan jangkangka panjang Daerah Kabupaten Pasaman adalah; “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Pasaman yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya.

” Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman tampak hadir dalam kegiatan seminar itu, anggota Forkopimda Pasaman, Ketua Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama, Perwakilan Kejaksaan Negeri Pasaman Ikhzan, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD Se-Pasaman, Camat dan Wali Nagari Se-Pasaman, Kepala Instansi vertical BUMN/BUMD, Perguruan Tinggi Se-Pasaman, Pimpinan Ormas, LSM, Wartawan, Kelompok Tani, di Gedung Pertemuan Syamsiar Thaib Rabu (20/12/2017).

Selanjutnya ia juga mengatakan, dari visi tersebut ada 3 tujuan yang hendak di capai:

1. Masyarakat yang Sejahtera, Yaitu suatu konmdisi masyarakat Kabupaten Pasaman yang aman, makmur, dan sentosa yang di tandai dengan terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat, peningkatan kualitas hidup yang berdaya saiang serta berpartisifatip aktif dalam pembangunan.

2. Masyarakat yang Agamis, suatu kondisi masyarakat Kabupaten Pasaman yang taat dalam melaksanakan ajaran agama yang di peluknya dengan penuh keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang di dukung oleh toleransi kehidupan beragama.

3. Masyarakat yang Berbudaya, Suatu kondisi masyarakat Kabupaten Pasaman yang hidup dalam keharmonisan budaya dengan karakter dan kepribadian yang baik dan luhur berlandaskan kebudayaan dan kearifan lokal serta upaya pengembangan dan pelestarian warisan budaya daerah.

Dengan dasar visi tersebut Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. MSi mengatakan, “Seminar yang di selenggarakan pada hari itu bertujuan untuk menggali ide-ide, menambah wawasan dan pengetahuan dalam upaya percepatan pembangunan sektor Pertanian di Kabupaten Pasaman melalui Seminar Pembanguanan dengan tema, ”Strategi Percepatan Pencapaian Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera Melalui Pembangunan Sektor Pertanian dan Ekonomi Kerakyatan.

” Pada kesempatan itu juga Bupati Pasaman Yusuf Lubis mengekspos kondisi Kabupaten Pasaman secara singkat sebagai bahan rujukan dalam acara seminar yang di selenggarakan saat itu, sebagaimana yang telah ia sampaikan dalam sambutannya saat menjelang pembukaan acara Seminar tersebut.

Kabupaten Pasaman merupakan daerah yang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara. Katanya

Ia juga menyebutkan, luas Kabupaten Pasaman adalah; 3.947,63 Km2 dengan jumlah penduduk tahun 2017 sebanyak 315.470 jiwa.

Sekitar 30% dari luas Kabupaten Pasaman adalah lahan pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Oleh karena itu kata Bupati Pasaman Yusuf Lubis; “Pembangunan Pertanian dan Perikanan menjadi sektor andalan dan juga menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Pasaman sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pasaman tahun 2016 – 2021. Sebutnya. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial