Wabup Pasaman Atos Pratama Hadiri Tawajuk Akbar Tariqath Naqsabandiyah Di Bonjol

Wabup Pasaman Atos Pratama Hadiri Tawajuk Akbar Tariqath Naqsabandiyah Di Bonjol Wabup Pasaman sedang memberikan sambutan dalam acara Tawajuk Akbar _Haul_ Tariqath Naqsabandiyah Bonjol.

Pasaman, Kominfo --- Dalam rangka mempererat silaturrahim dan juga menghimpun aspirasi dari masyarakat Wakil Bupati Kabupaten Pasaman Atos Pratama menghadiri Tawajuk Akbar Tariqath Naqsabandiyah Bonjol di Masjid Tinggi Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman Sumatera Barat, senin (6/11).

Adapun kegiatan Tawajuk Akbar (Haul) itu adalah acara rutinitas tahunan yang di selenggarakan oleh Tariqath Naqsabandiyah Bonjol setiap tahun sekali yaitu pada waktu pertengahan bulan Syafar hari senin malam selasa, juga merupakan pembinaan jamaah dalam mendalami ilmu-ilmu Tariqath Naqsabandiyah yang selalu di ajarkan oleh pendahulunya secara turun temurun mulai dari Sekh Maulana Ibrahim Bonjol sampai pada sekarang dipimpin oleh Sekh Abdul Jabbar.

Selanjutnya kegiatan yang di selenggarakan dalam Tawajuk akbar (Haul) itu selain dari bersilaturrahim juga di budayakan zikir bersama, baik zikir lisan maupun zikir qalbi.

Dari uraian panitia dalam acara pembukaan Tawajuk Akbar (Haul) itu adalah dari Pasir Laweh Agam sampai di Bonjol Pasaman sekitar tahun 1914 dahulu sampai sekarang.

Selain dari zikir bersama yang di lakukan di Tawajuk Akbar itu juga di selenggarakan tauziyah yang di sampaikan oleh seorang uztad sengaja di undang dari luar untuk pembinaan Aqidah, Akhlak, Ibadah, dan sebagian dari bimbingan Mu’amalah duniawiyah.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo tampak hadir dalam acara itu Staf Ahli Bupati Pasaman Hermanto, Desrizal.SKM, MKes, sejumlah Kepala OPD Ricky Riswandi, M. Ihsan, Ir Yusfi, Syafrialis dan juga perwakilan dari berbagai instansi antara lain Dinas Pol PP dan Damkar, Dinas Perhubungan, Camat Kecamatan Bonjol, Wali Nagari Koto Kaciak, Wali Nagari Ganggo Hilia, dan jamaah Tawajuk Akbar Tariqath Naqsabandiyah dari berbagai daerah se-Indonesia antara lain, Jambi, Lampung, Bengkulu, Pekan Baru, Riau, Pasir Pangarian Riau, dari Kinali Pasaman Barat Sekh Mudo dan Sekh Abi Syofyan, dan dari wilayah Pasaman sendiri Rao, Padang Gelugur, Panti, Lubuk Sikaping, Bonjol.

Dalam sambutan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama mengatakan, “Selepas dari Tawajuk Akbar ini marilah kita meningkatkan iman dan Taqwa kita terhadap Allah Swt, jalin silaturrahim antar sesama jamaah kapan saja dan di mana saja.

Bahkan Wabup Atos Pratama mengajak jamaah Tariqath Naqsabandiyah itu untuk selalu menambah ilmu untuk memahami ajaran Islam dan mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Kehadiran Wabup Atos Pratama beserta rombongan di tengah-tengah jamaah Tariqath Naqsabandiyah itu seolah-olah menambah energi baru bagi mereka yang ikut dalam Tawajuk akbar itu.

Dan bahkan di antara mereka ada yang mengajak Wakil Bupati Atos Pratama untuk berphoto-photo bersama.

Sedangkan tauziyah yang di sampaikan oleh Uztad undangan pada malam itu menerangkan akan firman Allah Qs: Ar-Ra’du ayat: 28

Artinya: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Qs: Al-Munafiqun:9,10,11,

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” (Al-Munafiqun: 9)

“Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?(Al-Munafiqun:10)

Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al-Munafiqun:11)

Qs: Al-Hasyr: 18.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Afzal)*

Bagikan ke Jejaring Sosial