BENNY UTAMA BUKA MUSRENBANG KECAMATAN MAPAT TUNGGUL SELATAN: INFRASTRUKTUR JALAN SKALA PRIORITTAS

BENNY UTAMA BUKA MUSRENBANG KECAMATAN MAPAT TUNGGUL SELATAN: INFRASTRUKTUR JALAN SKALA PRIORITTAS

PasamanKab- Benny Utama Bupati Pasaman, buka secara resmi Musyawarah Rencana
Pembangunan Kecamatan Mapat Tunggul Selatan tahun 2021, (Sabtu
20/03/2021)

Bertempat di aula kantor Camat Mapat Tunggul Selatan Benny Utama Bupati Pasaman membuka secara resmi Musrenbang kecamatan Mapat Tunggul Selatan, acara tersebut dihadiri oleh Sabar AS Wakil Bupati Pasaman, Kepala SKPD terkait, Camat Mapat Tunggul Selatan, Forkpimca Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Wali Nagari se Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kepala Kejorongan se Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Ketua LPMN Nagari Silayang, dan Nagari Muaro Sungai Lolo, Tokoh Masyarakat, Ninik mamak, alim ulama, dan cadiak pandai, dan peserta dari unsur lainya. Dalam paparanya Abu Bakar Tarmizie Plt. Camat Mapat Tunggul Selatan, dari dulu sampai sekarang kami tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan, karena kalu akses jalan sudah baik maka perekonomian masyarakat bisa terangkat.
Plt Camat Mapat Tunggul Selatan juga mengatakan bahwa untuk tahun 2022, melalui musrenbang ini kami mengusulkan program dan kegiatan adalah sebagai berikut :
*Pembangunan baru relokasi pasar Silayang dengan lokasi lapangan bola, dan untuk ganti lapangan
bola sudah diadakan lapangan bola yang baru oleh masyarakat. *Pembangunan jalan ke Kampung Baru Silayang
*Pembangunan jalan usaha tani Air Tonang
*Pengaspalan jalan Hululayang-Muar
*Pengaspalan jalan Pangian-Rotan Gotah
*Peningkatan jalan Tombang-Pintuai
*Pembangunan beronjong pengaman kampung di Jorong Sungai Lolo
Pada paparanya Abu Bakar juga mengajukan permohonan tambahan lokal belar yaitu SDN 08 Sei Lolo, dan juga berharap adanya kendaraan roda empat double gardan untuk memperlancar roda pemerintahan sampai ke tingkat jorong dan kampung, karena geografis alam kecamatan Mapat Tunggul Selatan yang berbukit dan jurang, sehingga membutuhkan mobil khusus.
Plt. Camat Mapat Tunggul Selatan mengatakan, “Saya mengucapkan terimakasih kepada Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman , yang telah mengadakan paket paket WiFi sampai ke tingkat kejorongan sehingga kami leih bisa meningkatkan akses dibidang telekomunikasi , dan juga untuk sistem pendidikan daring”.Kata abu Bakar Tarmizie.
Choiruddin Batubara,SE.MM Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman, pada papranya pada acara pembukaan Musrenbang itu mengatakan, berdasarkan Permendagri nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) , dimana nanti usulan program dan kegiatan yang berasal dari nagari akan ditampung pada aplikasi SIPD, dimana ditargetkan masing masing nagari mengusulkan 4 kegiatan yang berskala prioritas di Kecmatan Mapat Tunggul Selatan.
Lanjutnya, “Setelah saya chek jaringan internet pada kantor Camat Mapat Tunggul Selatan ini, ternyata sinyalnya sangat bagus, dan kecamatan atau nagari tidak usah repot repot lagi datang ke lubuk Sikaping untuk usulan, cukup di entri saja pada aplikasi SIPD di kecamatan atau nagari, dan juga saya berharap bagi SKPD yang terkait untuk tinggal dulu di kantor camat ini guna membahas usulan kecamatan atau nagari”,Kata Choiruddin Batubara,SE,MM.
Benny Utama Bupati Pasaman, pada pidatonya dalam pembukaan Musrenbang kecamatan Mapat Tunggul Selatan, mengatakan bahwa Kecamatan Mapat Tunggul Selatan untuk Musrenbang sekarang ini kita prioritaskan pada pembangunan infrastruktur jalan, karena kalau akses jalan sudah bagus dan bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maka perekonomian masyarakat secara otomatis pasti akan meningkat, pendidikan formal masyarakat akan meningkat, derajat kesehatan masyarakat akan lebih baik, dan akhirnya kesejahteraan yang dicita citakan akan terwujud.
Benny Utama juga mengatakan bahwa pada tahun ini saja akan masuk dana pembangunan sebesar 30 milyar ke kecamatan Mapat Tunggul Selatan, akan ada DAK untuk peningkatan jalan Hulu Layang-Muaro Sei Lolo sepanjng 6,5 Km dengan aspal Hotmit, dan juga dengan dana provinsi akan ada peningkatan jalan pada spot spot tertentu yang rawan seperti Lubuak Sawo sepanjang 1 Km, pengembangan pembangunan baru gedung Puskesmas Silayang sebesar 4,5 milyar. Untuk musrenbang sekarang ini Benny Utama juga berharap untuk menganggarkan relokasi pembangunan pasar Silayang.
Bupati Pasaman juga berharap, kalau nantinya infrastruktur jalan sudah baik, diminta kepada SKPD terkait untuk mengoroyok kecamatan Mapat Tunggul Selatan ini dengan program dan kegiatan terumata dibidang pertanian dan perkebunan.
Benny Utama juga meminta kepada masyarakat untuk mengawasi langsung kegiatan fisik pembangunan infrastruktur jalan dan bangunan agar pembangunanya berkualitas. Dan pada kesempatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Pasaman meninjau langsung keadaan Puskesmas Silayang, dan lokasi rencana pemabnguan pasar Silayang.

Bagikan ke Jejaring Sosial