KEPALA BPS RI ADAKAN SOSIALISASI SDI DAN RESMIKAN 3 GEDUNG KANTOR BPS KABUPATEN DI SUMATERA BARAT

KEPALA BPS RI ADAKAN SOSIALISASI  SDI DAN RESMIKAN  3 GEDUNG KANTOR BPS KABUPATEN DI SUMATERA BARAT

PasamanKab- Bertempat di kantor BPS Kabupaten Pasaman di Lubuk Sikaping, DR.Suharianto Kepala BPS RI meresmikan pemakaian 3 gedung kantor BPS Kabupaten di Sumatera Barat, yaitu gedung kantor BPS Kabupaten Pasaman, BPS Kabupaten Padang Pariaman, dan BPS Kabupaten Kepulauan Mentawai, disamping secara Offline, peresmian gedung kantor BPS ini juga dilakukan secara Online (Kamis, 27/05/2021).

Kegiatan peresmian diawali dengan sambutan dan paparan oleh Ir.Herum Fajar Wati,MM Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat.

Dalam paparannya, Herum Fajar Wati mengatakan bahwa berdasarkan Peratruran Presiden nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI), pemahaman dan sinergi  dari berbagai pihak ini harus selalu dilakukan sehingga kedepan perbaikan tata kelola data untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan bisa terwujud di Provinsi Sumatera Barat, karena data tersebut  sangat penting untuk penentuan kebijakan yang efektif dan tepat sasaran. Tutur Herum Fajar Wati.

Lanjutnya, Dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia, BPS memiliki peran sebagai pembina statistik sektoral yang dilakukan oleh Kementerian, Lembaga, Institusi, maupun Dinas Satuan kerja, baik ditingkat Nasional, Provinsi, maupun tingkat Kabupaten/Kota.Kata Herum Fajar Wati.

Benny Utama Bupati Pasaman selaku tuan rumah,, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pasaman kepada Kepala BPS RI dan tamu undangan lainnya, serta mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada BPS RI dan BPS Provinsi Sumatera Barat yang telah memilih Kabupaten Pasaman sebagai tempat peresmian 3 gedung kantor BPS di Provinsi Sumatera Barat.

Lanjut Benny Utama, data yang berkualitas sangat di perlukan untuk menyusun, melakukan evaluasi, membuat keputusan, dan memformulasikan kebijakan agar sasaran kegiatan yang telah ditetapkan  dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Perencanaan pembangunan yang tepat sasaran dan dapat menjawab permasalahan daerah memerlukan data yang akurat, lengkap, berkesinambungan, dan terkini yang bersumber dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi, dan lembaga lainya yang ada di daerah. Hal ini sejalan dengan UU nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dimana dalam pasal 31 menjelaskan bahwa Perencanaan Pembangunan didasarkan oleh data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Pembangunan tanpa didukung dengan ketersediaan data yang baik, cendrung akan kurang tepat sasaran, yang juga akan menyebabkan pemborosan anggaran. Kata Benny Utama.

Lanjutnya, Melalui data yang akurat dan uptodate, Pemerintah Daerah akan dapat menentukan arah dan kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan, selain itu akan dapat dijadikan barometer untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya meminta kepada semua lembaga, baik dari OPD, maupun Instansi Vertikal agar melakukan konsolidasi dan koordinasi data, sehingga data yang diterbitkan nanti valid dan tepat waktu. Data yang valid, tetapi kadaluarsa, tidak akan banyak artinya untuk mendukung keberhasilan program pembangunan di Kabupaten Pasamanyang sama sama kita cintai ini. 

Diakhir sambutannya, Benny Utama Buapti Pasaman berharap semoga dengan adanya Satu Data Indonesia (SDI), perbedaan data antar instansi tidak ada lagi, dan  dengan adanya fasilitas yang mendukung seperti gedung kantor yang memadai, diharapkan kinerja dari satuan unit kerja BPS Kabupaten Pasaman akan meningkat nantinya.

Pengguntingan pita oleh DR.Suharianto, menandai peresmian pemakaian gedung kantor BPS Kabupaten Pasaman, dan dilanjutkan dengan penandatanganan 3  prasasti oleh DR.Suharianto Kepala BPS RI, masing masing adalah  prasasti gedung kantor BPS Kabupaten Pasaman,  gedung kantor BPS Kabupaten Padang Pariaman, dan gedung kantor Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam sambutannya, DR.Suharianto mengucapkan terimakasih kepada semua pihak  atas terselenggaranya dengan sukses pelaksanaan sensus penduduk di tahun 2020 kemaren.

Lanjutnya, melalui kesempatan ini ia menyampaikan beberapa pesan kepada kepala BPS yang mana sebentar ini telah diresmikan pemakaian gedungnya, yaitu Kepala BPS Kabupaten Pasaman, Kepala BPS Kabupaten Padang Pariaman, Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni kepada semua pegawai BPS dimana pun berada, kita punya tanggung jawab bahwa kita memiliki komitmen untuk mempunyai data yang berkualitas, dan diharapkan dengan adanya fasilitas berupa gedung, maka performa akan meningkat.Kata Suharianto.

Peresmian gedung kantor BPS Kabupaten Pasaman juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Forkopimda, Kepala Bappeda Kabupaten Pasaman, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman, Kepala BPS se Sumatera Barat, Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Kepala BPS RI, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Barat

Bagikan ke Jejaring Sosial