MTQ Ke 46 Pasaman Secara Resmi Dibuka Oleh Gubernur Sumbar

MTQ Ke 46 Pasaman Secara Resmi Dibuka Oleh Gubernur Sumbar Bupati Pasaman bersama Forkopimda lambaikan tangan di pawai ta'aruf MTQ Ke-46 Tk Kabupaten Pasaman.

KOMINFO, Pasaman --- Gubernur Provinsi Sumatera Barat diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Ir. Beny Warlis MM, membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-46 tingkat Kabupaten Pasaman di Lapangan Hijau Tuah Basamo Andilan Kecamatan Dua Koto, Senin (5/11/2018).

Dari pantauan jurnalis Kominfo Pasaman tampak hadir dalam pembukaan iven MTQ Ke-46 tersebut, Kepala Bidang Penaizawa Kamenterian Agama Sumatera Barat, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Sabar AS, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, MSi, Wakil Bupati Kabupaten Pasaman H, Atos Pratama, FORKOPIMDA Kabupaten Pasaman, Ketua DPRD Pasaman Yasri, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, S.Ag, Perwakilan Dandim 0305 Pasaman, Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Adhryansah, SH, MH, Kepala Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping, Ketua Pengadilan Agama Lubuk Sikaping atau yang mewakili, serta seluruh kepala OPD yang ada di Kabupaten Pasaman, tiga orang anggota DPRD dapil Dua Koto - Panti, Camat seluruh Pasaman, Kepala KUA, Ninik Mamak Dua Koto, Bundo Kandung, peserta dari berbagai kontingen se Pasaman, serta ribuan masyarakat Dua Koto ikut memeriahkan pembukaan ini.

Dalam kesempatan iitu Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, MSi secara langsung melantik 137 anggota Dewan Hakim dan Panitera Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke 46 tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2018.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Ir. Beny Warlis MM menyampaikan, “Penyelenggaraan MTQ merupakan komitmen dan konsisten pemerintah daerah bersama sama dengan sagala unsur masyarakat di Sumatera Barat.

Dengan tujuan dapat meningkatkan kwalitas hidup beragama masyarakat dengan upaya mengimplementasikan nilai nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an kedalam kehidupan duniawi.

Beny Warlis, menambahkan”, Semoga momentum ini dapat dimaknai sebagaian dari proses pencerdasan kehidupan beragama dalam kehidupan kita”. sembari mengajak seluruh yang hadir membacakan Al-Fatiha sebagai tanda dibukanya MTQ ini.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis pada kesempatan itu mengatakan, “MTQ ke-46 ini sudah melalui persiapan yang matang oleh panitia. “Serta proses pendaftaran peserta melui aplikasi elektronik MTQ, jadi data dari peserta tidak bisa di palsukan, kata Bupati.

Bagi pemenang musyabaqoh Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman menambah hadiah plus kepada kecamatan yang meraih pringkat juara, dengan rincian hadiah sebagai berikut, juara umum 1 akan mendapatkan 1 ekor sapi seharga 20 Juta, untuk juara 2 satu ekor sapi seharga 18 juta dan juara 3 satu ekor sapi seharga 15 Juta. “Sementara untuk kecamatan yang prestasinya paling rendah akan diberikan satu ekor kambing sebut, Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis sembari oleh panitia memperlihatkan dan mempertontonkan hadiyah plus yang dimaksud.

Panitia Pelaksana sekaligus tuan rumah atas terselenggaranya MTQ ke-46 itu berlangsung Camat Kecamatan Dua Koto Ramsul Iklas, dalam laporanya sebelum MTQ dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat menyampaikan, “Peserta MTQ ke-46 tahun 2018 ini kafilahnya berjumlah sebanyak 548 peserta, Oficial 360 orang, panitia pelaksana 175 orang, dewan hakim dan panitra 146 orang, tim kerja 65 orang.

“Sementara pembiayaan MTQ ini bersumber dari DPA Bagian Kesra Setda Kabupaten Pasaman yang dipimpin oleh Edi Erman, S.Ag, MA, ditambah sumbangan dari ASN dan pihak ketiga yang tidak mengikat, “kata Ramsul Iklas.

Adapun tempat dan lokasi MTQ ini tersebar di wilayah nagari yang ada di kecamatan Dua koto, tutup Ramsul.

Ba’da pembukaan itu berlangsung, sejumlah siswa/siswi dari berbagai sekolah memperagakan kesenian daerah yang diiringi oleh Gordang Sembilan, serta tari-tarian, juga dram band dari SMA N 1 Dua Koto, yang di akhiri dengan pawai ta’aruf dari berbagai kontingen Kecamatan. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial