NY.SUSI BENNY UTAMA, KUKUHKAN BUNDA PAUD SE KECAMATAN PASAMAN

NY.SUSI BENNY UTAMA, KUKUHKAN BUNDA PAUD SE KECAMATAN PASAMAN

PasamanKab- Untuk lebih meningkatkan  peran masyarakat dalam peningkatan partisipasi proses pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, Ny.Susi Benny Utama selaku Bunda PAUD Kabupaten Pasaman  yang didampingi oleh Ketua GOW Kabupaten Pasaman dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pasaman, mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Pasaman yang bertempat di lantai 3 Aula Kantor Bupati Pasaman (Rabu, 28/07/2021).

Gunawan,M.Si Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasaman, dalam sambutan Nya mengucapkan selamat kepada Bunda PAUD kecamatan yang telah dikukuhkan pada hari ini oleh Bunda PAUD Kabupaten Pasaman. Tutur Gunawan

Gunawan juga menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013 menyatakaan bahwa Bunda PAUD adalah isteri dari Kepala Pemerintahan, mulai dari Presiden, Gubernur, Bupati/Walikota, Camat, dan Kepala Desa/Wali Nagari, atau bagi yang kepala Daerah Nya perempuan maka kepala Daerah tersebut langsung sebagai Bunda PAUD, atau bagi Kepala Daerah Nya yang belum mempunyai isteri atau belum berkeluarga maka Bunda PAUD Nya dijabat oleh isteri wakil Nya. Kata Gunawan.

Gunawan juga berharap kiranya Bunda PAUD kecamatan yang telah dikukuhkan untuk juga dapat melakukan hal yang sama yaitu mengukuhkan Bunda PAUD Nagari. Kata Gunawan

Lanjut Nya, tanggung jawab pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tidak hanya satu Instansi saja tetap merupakan kolaborasi antar berbagai Instansi dan masyarakat.

Ia juga menyampaikan bahwa pada saat ini, angka partisipasi pendidikan anak usia dini sangat rendah dan apalagi dalam 2 tahun terakhir ini akibat pendemi Covid-19 dimana tidak ada lagi proses pembelajaran, untuk itu peran kita bersama sesuai dengan tupoksi diharapkan Bunda PAUD untuk dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan anak usia dini pra sekolah, semoga apa yang diharapkan dalam RPJMD Kabupaten Pasaman 2021-2026 yaitu Pasaman cerdas akan terwujud. Imbuh Gunawan sambil menutup pidato Nya.

Ny.Susi Benny Utama memasangkan selempang kepada salah seorang isteri camat secara simbolis sebagai pertanda pengukuhan Bunda PAUD kecamatan.

Dalam pidato Nya, Ny.Susi Benny Utama menyampaikan bahwa dengan telah dikukuhkan Nya Bunda PAUD kecamatan, maka Bunda PAUD kecamatan mempunyai peran mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelengaraan dan pengembangan layanan PAUD yang berkualitas. Kata Susi.

Lanjut Nya, Bunda PAUD kecamatan juga berperan dalam memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina serta guru dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD yang berkualitas. Mengoptimalkan sumber dana untuk mendukung layanan pengelolaan PAUD yang berkualitas di wilayahnya melalui sumber dana seperti APBN, APBD, dana desa, dan sumber sumber lainya yang ada di masyarakat, memberikan saran, masukan, dan rekomendasi kepada Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah untuk mendukung pelaksanaan layanan PAUD yang berkualitas. Tutur Ny.Susi Benny Utama.

Ia juga menyampaikan bahwa Bunda PAUD kecamatan juga berperan dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan  dan tenaga kependidikan PAUD, mendorong peningkatan pengawasan diwilayah kerjanya terutama yang terkait dengan proses pembelajaran dan bahan ajar yang terbebas dari kekerasan fisik, radikalisme, pornografi, dan sara.

Diakhir pidato Nya, Ny.Susi Benny Utama berharap kepada Bunda PAUD kecamatan yang baru  saja dikukuhkan, tertumpang harapan agar selalu untuk memotivasi masyarakat dan pejabat pemangku kepentingan ditingkat kecamatan dan nagari akan pentingnya pendidikan anak usia dini dan mewujudkan PAUD yang berkualitas dengan layanan PAUD integratif. Diharapkan PUAD kecamatan membentuk kelompok kerja dan juga mengukuhkan Bunda PAUD nagari diwilayah Nya masing masing. Imbuh Ny.Susi Benny Utama.

 

 

Bagikan ke Jejaring Sosial