Identifikasi Potensi Geopark, Mahasiswa ITERA Lampung KKN Di Pasaman

Identifikasi Potensi Geopark, Mahasiswa ITERA Lampung KKN Di Pasaman

#Lusika,-- Bupati Pasaman Sabar AS adakan jamuan sarapan pagi (breakfast) bersama mahasiswa KKN Tematik Institut Tekhnologi Sumatera (ITERA) Lampung di Balairung Pusako Anak Nagari Rumah Dinas Bupati Pasaman, Jumat (29/12).

Kuliah Kerja Nyata Tematik ITERA Lampung dimulai Jumat ini, hingga tiga pekan ke depan yang diikuti 20 orang mahasiswa plus dosen pendamping.

Ahmad Fadly, pendamping ITERA Lampung dalam laporan menyampaikan KKN Tematik mahasiswa ITERA Lampung akan ditempatkan di tiga kecamatan, masing-masing di Kecamatan Mapat Tunggul, mencakup Nagari Lubuak Gadang dan Koto Panjang, kemudian Kecamatan Panti serta Bonjol.

"KKN Mahasiswa ITERA Lampung di Pasaman berjumlah 20 orang, dari 5 program study, yakni Prodi Geologi, Rekayasa Hutan, Bio Medis, dan Prodi Sistim Informasi. Sementara jurusan astronomi tidak dilibatkan dalam KKN di Pasaman", sebut Ahmad Fadly.

Dijelaskan juga, ITERA akan memberikan sumbangsih maksimal bagi Kabupaten Pasaman. terutama dalam mengidentifikasi dan memetakan potensi geopark Pasaman, termasuk bidang lain yang diperlukan guna mendukung pengembangan Pariwisata Kabupaten Pasaman.

Sementara itu Bupati Pasaman Sabar AS dalam sambutan menyampaikan terimakasih atas dukungan ITERA Lampung yang mau berkontribusi nyata dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Pasaman.

"Silakan adik-adik mahasiswa ITERA berimprovisasi dan berkreasi di Pasaman. Dan mohon beri dukungan data ilmiah, menggali segenap potensi yang ada di daerah ini, dalam mewujudkan tekad mengembangkan dan memajukan bidang kepariwisataan Kabupaten Pasaman", ujar Bupati Sabar AS.

Dijelaskan bupati, KKN Tematik merupakan kegiatan yang bersifat edukatif dengan melibatkan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat peka terhadap isu-isu yang terjadi dikalangan masyarakat, sumber daya yang perlu dikembangkan, dan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat dan daerah.

"Saat kunjungan mendadak ke ITERA Lampung waktu itu, Saya sempat minta kepada Rektor, agar menjadikan Pasaman sebagai daerah binaan Kampus ITERA. Dan alhamdulillah permohonan itu direspon secara baik dengan mengirimkan 20 mahasiswa KKN Tematik ITERA ke Pasaman", ungkap Bupati Sabar AS.

Turut diutarakan Bupati, sebagai daerah lintasan matahari atau garis tengah bumi (equator) dan kawasan lintasan sesar (patahan) geologi, Kabupaten Pasaman menyimpan potensi geopark yang besar untuk bisa dikembangkan menjadi potensi wisata manjanjikan.

"Geopark merupakan sebuah wilayah geografi yang memiliki warisan geologi dan keanekaragaman geologi yang bernilai tinggi, termasuk di dalamnya keanekaragaman hayati dan keragaman budaya yang menyatu di dalamnya, yang dikembangkan dengan tiga pilar utama, yaitu konservasi, edukasi dan pengembangan ekonomi lokal", terang bupati lagi.

Penyambutan dan jamuan sarapan pagi mahasiswa ITERA Lampung berlangsung hangat, dan dihadiri Plh. Sekretaris Daerah, Kepala OPD, GM Geopark Pasaman Rosben Aguswar. Selanjutnya para mahasiswa diantar ke daerah tujuan, setelah dibagi tiga kelompok daerah sasaran.

Bagikan ke Jejaring Sosial