Baznas Pasaman Cita-citakan Sebagai Lembaga Terdepan

Baznas Pasaman Cita-citakan Sebagai Lembaga Terdepan Sambutan Ketua Baznas Pasaman Uztad H Syafrizal Sf, SIQ, S.Ag, M.MPd. (Afz)*

PASAMANKAB.GO.ID, Pasaman --- Merayakan hari kemenangan Idhul Fitri 1439 H/2018 M Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pasaman mengundang berkah dan rahmah Allah Swt dengan menyelenggarakan Halal Bi Halal yang di hadiri secara langsung oleh Bupati Pasaman H Yusuf Lubis, SH, M.Si

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman Uztad H Syafrizal, Sf, SIQ, S.Ag, M.MPd dalam sambutannya menguraikan history singkat perjalanan awal Baznas Pasaman selama dalam kepemimpinan beliau bersama keluarga besar Baznas sekarang.

Badan Amil Zakat ini merupakan lembaga resmi Negara yang berada di Kabupaten Pasaman mitra dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman memiliki catatan sama dengan data Bappeda, dinas sosial, BPJS, ada sekitar 25.000 lagi KK miskin kita yang mereka itu merupakan mustahik masyarakat Kabupaten Pasaman.

Ketika ini secara bersama-sama kita entaskan, maka inilah yang akan mengundang berkah dan rahmat Allah itu turun ke Kabupaten Pasaman, sehingga visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yakni; “Mewujudkan masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya Inshaa Allah segera dapat kita wujudkan bersama. Harap Syafrizal.

Pada kesempatan itu Uztad H Syafrizal menyampaikan perjalanan Baznas Pasaman dalam satu tahun setelah pelantikan kepengurusan Baznas pada periode sekarang yaitu pada tanggah 4 november 2016 yang lalu.

“Sebelumnya pada tanggal 7 november 2016 kepengurusan sekarang menerima uang tunai Baznas itu Rp 850.000,- di iringi dengan tiga TABANAS yang isinya Rp 50.000.000,- dan laporan dari pengurus yang lama pendapatan perbulannya itu sekitar Rp 125.000.000,-.

Alhamdulillah berkat kebersamaan dan dukungan penuh Bupati Pasaman dengan seluruh stockholder Kabupaten Pasaman pada hari ini Baznas Pasaman telah menerima Rp 410 juta perbulannya, sehingga sampai hari ini dana Baznas itu dapat dikumpulkan oleh Baznas Pasaman sebanyak Rp 5,8 meliar.

“Dari dana yang telah di kumpulkan oleh Baznas Pasaman tersebut, Baznas Pasaman telah menyalurkan sekitar Rp 4,6 miliar kepada 7.280 mustahi’. Namun ini merupakan langkah awal perkembangan Baznas Pasaman.

Pada kesempatan itu juga Ketua Baznas Pasaman memperkenalkan kepada Bupati H Yusuf Lubis kepengurusan Baznas Pasaman beserta karyawan/karyawatinya lengkap dengan negeri asal mereka masing-masing.

Selanjutnya ia juga menyampaikan potensi zakat di Baznas Pasaman pada hari itu baru 3 (tiga) yang dimaksimalkan. Terang Uztad Syafrizal, seraya memaparkannya satu-persatu secara singkat.

  1. Dari zakatnya Aparatur Sipil Negara (ASN), pada saat itu Uztad menyampaikan pada Bupati H Yusuf Lubis bahwa sampai pada hari itu masih ada instansi atau dinas yang zakatnya baru Rp 300.000,-
  2. Dari zakat Pertanian
  3. Dari zakat Perdagangan

Kedepan yang belum tergarap itu adalah instansi forkopimda, sekalipun ada yang sebagian menyetorkan zakatnya pada Baznas, namun belum maksimal, kemudian para kontraktor. Terang Uztad Syafrizal.

Bupati Pasaman H Yusuf Lubis, SH, M.Si setelah mendengar paparan ketua Baznas Pasaman tentang keberadaan Baznas Pasaman terkini, mengucapkan; “Banyak terimakasih pada Baznas Pasaman yang telah banyak berbuat”.

Dan pada kesempatan itu Bupati mengatakan, “Baznaslah yang dikedepankan untuk membantu Pasaman”.

Pada saat itu ia menyampaikan harapannya; “Ketika banyak orang bertanya tentang Kabupaten/Kota se-Indonesia, maka beribu, bahkan berjuta-juta orang mengenal Kabupaten Pasaman yang Agamis dan Berbudaya Qur’ani”. Pinta dan do’anya pada siang itu.

Acara halal bi halal ditutup dengan tauziyah dan do’a yang di pandu oleh Uztad Habibullah Nst, S.Ag, MH. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial