BUPATI PASAMAN H.YUSUF LUBIS BUKA ACARA KADARKUM TINGKAT KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2018

BUPATI PASAMAN H.YUSUF LUBIS BUKA ACARA KADARKUM TINGKAT KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2018 Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, MSi sedang membuka acara KADARKUM Tahun 2018.

KOMINFO, Pasaman --- Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis membuka secara langsung acara Lomba Keluarga Sadar Hukum Tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2018 dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pasaman ke-73.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis pada kesempatan itu mengatakan,” Lomba Kadarkum yang kita laksanakan pada hari ini adalah juga merupakan rangkaian dari upaya pemerintah kabupaten Pasaman dalam membangun kesadaran hukum ditegah masyarakat.

Disamping itu juga merupakan upaya memberikan motivasi bagi masyarakat untuk senantiasa menambah pengetahuan tentang hukum.

Dengan membaca dan mendalami aturan hukum berupa undang undang seperti undang – undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan, undang-undang Narkoba, dan undang-undang perlindungan anak. Sebutnya.

Dari pantauan jurnalistik KOMINFO Pasaman, tampak hadir bersama dalam acara tersebut adalah, Dewan juri dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan, Asisten I Setda Pasaman Dalisman Darsah, Keluarga Besar Kabag Hukum Setda Pasaman dibawah Pimpinan Eri Hermawan, Sejumlah Camat Kecamatan se-Pasaman, serta para peserta lomba dari berbagai Nagari dan Kecamatan Se-Pasaman, di Gedung Pertemuan Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping, pada pukul 09:00 Wib, Kamis (11/10/2018).

Lebih lanjut beliau mengatakan, Setiap warga negara harus tau tentang undang – undang yang berlaku di negara kita, karena ketidaktahuan terhadap undang–undang tidak bisa dijadikan alasan untuk memaafkan seseorang yang melakukan perbuatan melawan hukum.

Mengetahui undang-undang tidak sekedar mengenal undang-undang saja tetapi harus sekaligus mentaatinya, melaksanakannya, menegakkannya, dan mempertahankannya. Karena jika hanya sebatas pengetahuan tanpa kesadaran maka kepatuhan hokum hanyalah akan menjadi angan-angan.

Pada kesempatan itu beliau juga mengajak masyarakat Kabupaten Pasaman secara umum, peserta lomba KADARKUM secara khusus, “mari kita jadikan lomba keluarga sadar hukum ini sebagai momentum penegakan hukum dan menumbuh kembangkan budaya hukum di Kabupaten Pasaman, sehingga terciptanya masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamis, dan Berbudaya. Tutup beliau.

Sedangkan Kabid Pelayanan Hukum, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat, Rahmad, didampingi oleh Kepala Bagian Hukum Setda Pasaman Eri Hermawan, SH menambahkan, “bagi peserta lomba KADARKUM Pasaman yang menjadi pemenang lomba di tingkat Kabupaten Pasaman, akan maju untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2019 nantik. Paparnya lebih menyemangati peserta lomba. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial