DORONG VISI PEMKAB AGAMIS, TK SD KHIDMATUL MUSLIMIN, GELAR GEBYAR TAHFIDZ PERDANA

DORONG VISI PEMKAB AGAMIS, TK SD KHIDMATUL MUSLIMIN, GELAR GEBYAR TAHFIDZ PERDANA

Lubuk Sikaping, PASAMANKAB.GO.ID --- Di hari ke-9 (sembilan) puasa ramadhan 1440 H Sekolah Dasar (SD) Tahfidz Hamalatul Qur'an, Yayasan Wakaf Khidmatul Muslimin (WKMP) Pasaman yang beralamat di Lubuk Sikaping ini menggelar gebyar tahfidz anak TK dan SD se Kecamatan Lubuk Sikaping.

Kegiatan ini di ikuti oleh siswa-siswi TK dan SD terutama yang ada dilingkungan sekitar lokasi pesantren dan tersebar di Lunuk Sikaping.

Hal itu disampaikan oleh Marwan Saputra Nasution, SE (33) selaku Pimpinan dan Ketua sekaligus pengasuh Yayasan Wakaf Khidmatul Muslimin Pasaman (WKMP) kepada media ini, Selasa (14/5) disela sela pembukaan acara berlangsung.

Marwan Saputra Nasution, SE mengatakan, pesantren kilat itu diikuti oleh perwakilan TK dan SD dimana para peserta yang ikut bertujuan untuk, “agar setiap anak sejak dini sudah bisa membaca, dan menghafal Al-Quran”.

“Target kami minimal para anak dan siswa yang mereka sekolah formal juga bisa merasakan bagaimana menjadi santri penghafal (Hafizh) Al-Quran. Lebih dari itu tentu agar para siswa itu bisa membaca Al-Quran sesuai tajwid dan menghafalnya,” katanya.

Menurut Marwan, program gebyar tahfidz yang diselenggarakan oleh SD Tahfidz Hamalatul Qur'an ini merupakan pertama kali. Jika umumnya gebyar tahfidz itu diadakan saat bulan Ramadhan tiba, maka tidak dengan Yayasan WKMP.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk bisa mengenalkan Al-Quran kepada para siswa. Jadi Gebyar Tahfidz ini tidak selalu diadakan di bulan Ramadhan,” jelasnya.

Menurutnya, Tahfidz yang digelar ini akan berlangsung selama beberapa hari kedepan. Sebab para siswa peserta Gebyar tahfidz ini diharapkan dapat memanfaatkan hari-hari ini untuk memcintai Al-Qur'an.

“Selama beberapa hari ke depan insya Allah Gebyar Tahfidz ini akan dibuka. Mumpung dibulan ramadhan para siswa ini bisa kita latih,” jelas Marwan yang sejak 2015 lalu sudah membina para anak di Yayasan Khidmatul Muslimin ini.

Sementara, ketua panitia pelaksana Gebyar Tahfidz TK SD Hamalatul Qur'an, Hendra Efendi, S.Pd pada acara pembukaan gebyar tahfid tersebut mengatakan bahwa tujuan dari acara adalah; “sebagai salah satu upaya yayasan untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Pasaman mewujudkan visi dan misi pemerintah yaang Agamis, sehingga terbentuk generasi yg Rabbani di Kabupaten Pasaman”.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Hendra Efendi, bahwa acara gebyar tahfid yang digelar WKMP ini di ikuti sebanyak 32 Sekolah Dasar (SD) se kecamatan Lubuk Sikaping dengan jumlah peserta 72 orang.

Acara gebyar tahfidz ini pada saat pembukaan juga dihadiri oleh perwakilan dari lingkup Pemkab Pasaman, Kepala Dinas Pendidikan, Camat Lubuk Sikaping, Wali Nagari dan Kepala SD se-kecamatan Lubuk Sikaping.

Camat Lubuk Sikaping Afrizal dalam sambutannya mengatakan bahwa, “visi Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang Agamis itu sangat diapresiasi dan disambut baik oleh masyarakat Pasaman secara luas karena visi ini dapat membentuk karakter anak menjadi anak yang berakhlakul karimah, akhlak yang qur’ani. Tambahnya

Lebih jauh Camat Lubuk Sikaping Afrizal ini juga menambahkan, “sambutan dan apresiasi masyarakat Pasaman secara luas, secara khusus masyarakat Lubuk Sikaping akan visi Agamis tersebut bukan sekedar ucapan dalam kata tanpa tindakan nyata, tapi justeru ditindak lanjuti dengan pembangunan dan pembinaan secara langsung yang pada hari ini menjadi ikon perdana dalam GEBIAR TAHFIZH QUR’AN di HAMALATUL QUR’AN”, semoga dapat ditindak lanjuti untuk yang lebih meriah, lebih semarak, dan lebih baik lagi pada tahun-tahun yang akan datang pinta dan do'anya penuh perhatian.

Sebagai Pemerintah Kecamatan Lubuk Sikaping, kami mengucapkan trimakasih kepada inisiator dan pelaksana atas penyelenggaraan kegiatan bernuansa religius ini. Tutupnya (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial