DPRD PASAMAN ADAKAN PARIPURNA ISTIMEWA III TENTANG HUT PASAMAN KE-73

DPRD PASAMAN ADAKAN PARIPURNA ISTIMEWA III TENTANG HUT PASAMAN KE-73 Ketua DPRD Pasaman sedang menyampaikan sejarah Pasaman pada Rapat Paripurna Istimewa III

KOMINFO, Pasaman --- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman adakan Rapat Paripurna Istimewa III tentang Hari Milad Kabupaten Pasaman Ke-73 di Aula Rapat Utama DPRD Pasaman.

Rapat Paripurna Istimewa itu di buka dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pasaman Yasri, dan didampingi oleh Wakil Ketua I Ir. Bona Lubis, dan Wakil Ketua II Haniful Khairi, serta di hadiri oleh 23 anggota DPRD Pasaman dari berbagai fraksi, di Aula Utama DPRD Pasaman pada senin (08/10/2018).

Sebelum Rapat Paripurna Istimewa III di gelar, terlebih dahulu acara di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Mars Pasaman yang di pimpin oleh protokoler.

Dari pantauan jurnalistik Kominfo Pasaman, Rapat Paripurna Istimewa III DPRD Pasaman itu turut hadir Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, MSi, Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, Gubernur Sumatera Barat yang di Wakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Dapil IV Pasaman/Pasaman Barat, Mantan Bupati Pasaman, H. Baharuddin R, H. Benny Utama, SH, MM, FORKOPIMDA PASAMAN bersama istri, Bupati/Wali Kota Se Sumatera Barat atau yang mewakili, Bupati/Wali Kota Daerah Tetangga, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat, Pimpinan dan anggota DPRD Pasaman beserta istri, Ketua Harian Persatuan Perantau Pasaman Raya Jabodetabek H. Halim Nasution, Hasbullah Nasution, Tokoh dan Sesepuh Pasaman beserta istri, Para tokoh masyarakat Perantau yang hadir dari berbagai daerah, Ninik Mamak Nan Gadang Basa Batuah, Alim Ulama/Cerdik Pandai/Bundo Kanduang Se- Kabupaten Pasaman, Sekretaris Daerah Pasaman H.M. Saleh, Sekretaris Dewan Mukhrizal.SH, Staf Ahli, Kepala OPD Se-Kabupaten Pasaman, Asisten, Kepala Bagian di lingkungan Pemda Kabupaten Pasaman, Kepala Instansi Vertikal, BUMD, BUMN, Kabupaten Pasaman, Camat Se-Pasaman, Wali Nagari se-Kabupaten Pasaman, Ketua Orpol/Ormas, LSM, Profesi/Pemuda dan Wanita, Wartawan media cetak, Elektronik, dan online dari berbagai mas media, serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Yasri pada kesempatan itu menyampaikan bahwa hari itu adalah merupakan hari yang sangat bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, sekaligus beliau mengajak secara bersama-sama untuk bersyukur kehadirat Allah Swt, dan menyampaikan ucapan trimakasih setinggi-tingginya, kepada pendiri dan para pejuang yang telah mewujudkan dan berperan aktif pada Kabupaten Pasaman sampai saat ini.

Dan pada kesempatan itu, Ketua DPRD Pasaman Yasri yang di damping oleh Wakil-wakil Ketua I dan II DPRD Pasaman mengucapkan selamat datang dan trimakasih, yang setulus-tulusnya Kepada Gubernur Sumatera Barat serta para undangan lainnya, yang telah berkesempatan menghadiri Rapat Paripurna istimewa ke-III DPRD Kabupaten Pasaman,dan tidak lupa diiringi do’a semoga semuanya dalam lindungan Allah SWT.

Pimpinan DPRD Kabupaten Pasaman ini juga menyampaikan, tentang Nama Kabupaten Pasaman, Penetapan Hari Jadi Pasaman, Kronologi Pemekaran Wilayah Kabupaten Pasaman, bahkan sejarah singkat Lembaga Legislatif Kabupaten Pasaman dimana telah tercatat sebanyak 19 orang yang pernah memangku jabatan Ketua DPRD Kabupaten Pasaman.

Selama 73 tahun usia Kabupaten Pasaman, banyak sudah pengalaman dan dinamika yang telah dilalui. Sebut Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Yasri pada kesempatan itu.

Sejak 73 tahun yang lalu, Kabupaten Pasaman menapaki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kabupaten Pasaman merupakan Kabupaten terluas dari 16 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat yang ada saat ini, yakni dengan luas 7.835,4 Km2 atau sekitar 18,55% dari Luas Provinsi Sumatera Barat yang luasnya 42.229,64 Km2.

Setelah pemekaran luas Kabupaten Pasaman menjadi 3.947,63 Km2 nyang terdiri dari 12 Kecamatan, 37 Nagari dan 25 Nagari Persiapan. Tuturnya.

Sebagai Kabupaten heterogen dari sisi sosial budaya, kita patut berbangga dan berbahagia, karena dalam kurun waktu 73 tahun, Pasaman mampu membangun dan mengembangkan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat, sehingga keanekaragaman suku, bahasa dan budaya serta adat istiadat yang ada di Kabupaten Pasaman, terikat kuat dalam menjaga keutuhan dan persatuan, menjadi sebuah potensi yang dapat di dayagunakan secara optimal, sekaligus sebagai modal dasar kita dalam membangun daerah kita.

Sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Pasaman yaitu,”Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman yang sejahtera, Agamis dan Berbudaya.”

Melalui Haqri Ulang Tahun Kabupaten Pasaman ke-73 ini, kami mengajak kita semua, mari kita jadikan moment untuk menggugah kesadaran kita semua, sekaliguis untuk berintropeksi, serta merenung, tentang apa yang telah dan akan kita perbuat untuk Kabupaten Pasaman, dengan menelaah berbagai hambatan dan tantangan yang akan kita hadapi kedepan.

Berbagai keberhasilan yang telah kita raih, harus tetap kita pelihara, dengan tekad untuk lebih tinggi lagi pada masa-masa yang akan datang. Masih banyak yang perlu kita kerjakan dan membutuhkan peran aktif serta tanggungjawab kita semua. Ajak Yasri pada kesempatan itu.

Ia juga membenarkan bahwa, kemajuan pembangunan Kabupaten Pasaman bukanlah karena kerja keras pemerintah saja, melainkan karena dukungan seluruh elemen masyarakat, ini berarti pemerintah dan masyarakat merupakan dua komponen yang saling membutuhkan dan harus bersinergi.

Kemajuan suatu daerah tidak hanya diukur dari aspek penyelenggaraan pemerintah saja, melainkan juga diukur dari tingkat kemajuan dan kemakmuran masyarakatnya.

Dari aspek historis kabupaten Pasaman merupakan salah satu Kabupaten tertua di Provinsi Sumatera Barat, demikian pula halnya letak Kabupaten kita berada pada posisi yang cukup strategis yang ditunjang dengan perekonomian yang dinamis.

Terakhir sekali Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Yasri menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam pembangunan Pasaman diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Pasaman, Forkopimda, Pimpinan dan segenap anggota dewan yang mana selama ini telah menunjukkan kerjasama yang baik, sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan di kabupaten Pasaman secara maksimal. Paparnya.

Bupati Kabupaten Pasaman dalam sambutannya saat itu menyampaikan, Pada hari ini tepatnya 8 oktober 2018 genap sudah Kabupaten Pasaman yang senantiasa yang kita cintai ini berusia 73 tahun. Dalam kurun waktu 73 tahun ini, kita telah melewati berbagai dinamika kehidupan, dengan berbagai tantangan, hambatan prestasi, keberhasilan, serta pasang surut kehidupan masyarakat, dalam upaya menuju suatu cita-cita bersama, yaitu mencapai kesejahteraan masyarakat hakiki.

Memperingati ulang tahun Kabupaten Pasaman pada hakekatnya adalah merupakan momentum yang dapat di jadikan untuk mengevaluasi perjalanan dan perkembangan dari keberadaan Kabupaten Pasaman ini dalam mewujudkan tujuan dibentuk atau didirikannya Kabupaten Pasaman.

Melalui evaluasi yang kita laksanakan secara bersama, kita akan dapat mengetahui dan melihat serta memahami keberhasilan apa yang telah mampu kita raih dan kendala-kendala atau kelemahan apa yang masih kita temui dalam mewujudkan kehidupan kabupaten Pasaman yang semakin baik dan sejahtera.

Terhadap keberhasilan yang telah mampu kita raih akan kita pertahankan dalam tingkatan, sedangkan terhadap kendala atau masaalah yang kita temui akan kita upayakan untuk mengatasi dan memperbaikinya.

Oleh karena itu sebagai bagian dari bentuk evaluasi yang kita laksanakan sebut Bupati Pasaman, pada kesempatan itu, “izinkanlah kami menyampaikan berbagai informasi secara umum, tentang berbagai hal, terutama yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang telah kita laksanakan dan kita peroleh selama 2 tahun 7 bukan 21 hari kepemimpinan kami bersama Bapak Atos Pratama. Papar Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH. MSi.

Sebagaimana di ketahui bersama dalam kepemimpinan kami untuk tahunh 2016-2021 Pemerintah Kabupaten Pasaman memiliki visi; “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Pasaman Yang Sejahtera, agamis, dan Berbudaya.”

Untuk mewujudkan visi tersebut, maka dirumuskan 6 misi Kabupaten Pasaman yaitu;

  1. Meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan serta pemahaman dan pengamalan ajaran agama;
  2. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan pendidikan, kesehatan, Sumber Daya Manusia, dan penanggulangan kemiskinan.
  3. Meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat yang berdaya saing dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi Sumber Daya Alam serta pengembangan Pariwisata yang berwawasan Lingkungan;
  4. Mewujudkan peningkatan dan pemerataan pembangunan inprastruktur yang berkelanjutan serta penanganan bencana yang terpadu dan berkualitas;
  5. Menyelenggarakan Pemerintahan yang baik, bersih dan terpercaya;
  6. Mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai budaya daerah serta membangun karakter masyarakat.

Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut berbagai program dan kegiatan direncanakan, laksanakan, baik untuk jangka waktu tahunan maupun lima tahunan yang semuanya bermuara untuk terwujudnya masyarakat Pasaman yang sejahtera, agamis, dan berbudaya. Papar Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH,MSi.

Bahkan pada waktu itu juga ia mengatakan, sungguhpun dengan berbagai keterbatasan, namun Alhamdulillah berkat ikhtiar kita bersama, antara jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, Dunia Usaha serta para tokoh dan seluruh unsur masyarakat, maka Kabupaten Pasaman telah berhasil, memperoleh berbagai prestasi yang sangat membanggakan, baik di tingkat Provinsi Sumatera Barat, Maupun di tingkat Nasional, antara lain;

  1. Penghargaan dari Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia untuk percepatan cakupan Pemberian Akta Kelahiran Anak Kategori PRATAMA tahun 2017
  2. Penghargaan dari Menteri Kesehatan atas kepedulian Pemerintah Daerah menerapkan Perda tentang Kawasan bebas Asap Rokok.
  3. Dalam hal kinerja Keuangan Daerah, Pemerintah Kabupaten Pasaman memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal pertanggungjawaban keuangan Daerah dari BPK RI selama 5 tahun berturut-turut.
  4. Kinerja sangat tinggi atas penyelenggaraan Pemerintahan Daerah berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) tahun 2017 oleh Pemerintah Pusat.

Disamping paparan dan sambutan dari Ketua DPRD Pasaman Yasri dan Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH. MSi, juga acara tersebut lebih dikuatkan oleh sambutan dari Gubernur Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Barat, dan juga dari H. Halim Nasution, Ketua Harian Persatuan Perantau Pasaman Raya Jabodetabek.

Diakhir Rapat Paripurna Istimewa III tersebut, acara dilanjutkan dengan photo bersama dan makan Bajamba yang dihadiri oleh seluruh undangan.

Rapat Paripurna istimewa III tentang Hari Ulang Tahun Kabupaten Pasaman Ke-73 berjalan penuh Khidmat, aman dan tertib, mulai dari acara dibuka sampai pada akhir acara. (TIM)*

Bagikan ke Jejaring Sosial